METODE PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN TUTOR PADA KELOMPOK BELAJAR PAKET B UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KARO KABUPATEN KARO

Pasaribu, Ronius (2016) METODE PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN TUTOR PADA KELOMPOK BELAJAR PAKET B UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KARO KABUPATEN KARO. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 1113171027 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 1113171027 LEMBAR PENGESAHAN_PERSETUJUAN_PERBAIKAN.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 1113171027 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 1113171027 KATA PENGANTAR_UCAPAN TERIMA KASIH.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 1113171027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 1113171027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 1113171027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 1113171027 BAB I.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.1113171027 BAB V.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 1113171027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu dengan adanya keterbatasan dan ketidakmampuan membiayai sekolah menyebabkan warga negara tidak dapat melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi, sehingga mengalami putus sekolah. Dalam rangka mengatasi kurangnya pendidikan yang setara dengan SMP di Indonesia khususnya wilayah Kabupaten Karo akhirnya dibuka program Kejar Paket B . Oleh sebab itu dalam hal ini dibahas tentang : Metode Pembelajaran dan sejauh mana keefektifan metode pembelajaran yang diterapkan tutor dalam meningkatkan prestasi peserta didik Paket B SKB Karo Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, metode adalah cara yang paling tepat dan cepat dalam melakukan sesuatu efektif dan efisien. Pengajaran yang efektif artinya pengajaran yang dapat dipahami murid secara sempurna. Berfungsi artinya menjadi milik murid, pengajaran itu membentuk dan mempengaruhi pribadinya. Adapun pengajaran yang tepat adalah pengajaran yang tidak memerlukan waktu yang lama. Jadi metode hanyalah menentukan prosedur yang akan diikuti(Tafsir Ahmad,2007). Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah 3 orang tutor paket B yang berasal dari SKB Karo dan ditentukan secara purposive. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar Paket B Skb. Pada bagian ini Metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar Paket B Skb. adalah metode tanya jawab dan ceramah, 2) Langkah-langkah yang digunakan tutor dalam menentukan metode pembelajaran. Pada bagian ini langkah-langkah yang digunakan tutor dalam menentukan metode pembelajaran adalah dengan mengamati langsung dan melihat serta mencatat apa yang peserta didik butuhkan atau peserta didik inginkan saat proses belajar mengajar, 3) Tujuan yang ingin dicapai tutor dengan metode pembelajaran yang digunakannya adalah siswa dapat memahami dan mengerti pelajaran yang telah diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnifah, 197909062009122002
Call Number: SK-2016 PLS 032
Keywords: Prestasi Belajar;Metode Pembelajaran; Ceramah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Nov 2016 02:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21409

Actions (login required)

View Item View Item