Emosda, (2008) KONSEPSI PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN. Jurnal Tabularasa, 5 (2). pp. 231-246. ISSN 1693-7732
Text
TABULARASA VOL 05 NO 2 DES 2008Emosda.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
Abstract
Karakteristik utama suat kurikulum adalah dinamis dan berupaya mengadaptasikan kebutuhan masyarakat ke dalam acuan norma pelaksanaan pendidikan jalur sekolah. Begitu juga sumber-sumber dalam pengembangan kurikulum yang mencakup tiga unsur dasar, yaitu dinamika dan pertumbuhan masyarakat serta sosial budaya, perkembangan ilmu pengetahuan, dan tuntutan serta kebutuhan teknologi dan industri. Oleh karena itu, sifat dinamis suatu kurikulum merupakan kewajaran dalam penyelenggaraan pendidikan. Sebagaimana, penyempurnaan kurikulum 2004 yaitu kurikulum berbasis kompetensi kekurikulum tingkat satuan pendidikan. Akan tetapi, perbaikan kurikulum yang mana pun tetap mengacu pada struktur baku suatu kurikulum yang dilahirkan pada tahun 1949 oleh Ralp Tyler yang terdiri atas tujuan, organisasi isi, proses belajar mengajar, evaluasi hasil belajar. Struktur ini sudah menjadi kesepakatan para ahli kurikulum menjadi struktur umum dalam ilmu kurikulum, sehingga berlaku secara universal.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Kurikulum; KTSP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 Mar 2016 09:38 |
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/214 |
Actions (login required)
View Item |