PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PADA SISWA KELAS VIII SMP PAB 2 HELVETIA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Hasan, Anggia Rizki (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PADA SISWA KELAS VIII SMP PAB 2 HELVETIA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 1123151005 Cover.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1123151005 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1123151005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1123151005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1123151005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1123151005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1123151005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1123151005 JURNAL.pdf - Published Version

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1123151005 BAB I.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1123151005 BAB V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1123151005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Adakah Pengaruh Bimbingan Kelompok Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi perilaku agresif pada siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 orang siswa yang memiliki perilaku agresif tinggi, yang akan diberikan layanan bimbingan kelompok. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu menggunakan angket perilaku agresif, yang sebanyak 35 butir pernyataan angket perilaku agresif terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliabel. Dan menjadi 25 butir pernyataan angket perilaku agresif sebagai pengumpul data. Dari hasil analisis diperoleh data pre-test perilaku agresif siswa rata-rata = 63,7 termasuk kategori tinggi dan Standart Deviasi (SDx) = 66,2, sedangkan hasil analisis data post-test rata-rata = 45,8, termasuk kategori rendah dan Standart Deviasi (SDY) = 47,9. Teknik uji hipotesis menggunakan rumus uji Wilcoxon (J) diperoleh hasilJhitung = 0 sedangkan hargaJtabel= 14. Oleh karena ituJ(0) < J0,05 (14) dan diperkuat dengan H0 ditolak apabila ZHitung< Z Tabel. Karena nilaiZHitung= - 3,061 dan itu lebih kecil dari nilai ZTabel = -1,96. Maka H0 ditolak HI di terima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku agresif siswa kelas VIII di SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Ajaran 2016/2017 pada taraf nyata α = 0,05. Hal ini terlihat dari JHitung<JTabel (0 < 14) atau Z <Zα/2(-3,061< -1,96). Atau hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAriani, Nur196105041987032004
Call Number: SK-2016 BK 090
Keywords: Bimbingan Kelompok ;Perilaku Agresif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Nov 2016 03:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21394

Actions (login required)

View Item View Item