HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DAN KEPROFESIONALAN GURU DENGAN MUTU PEMBELAJARAN (STUDI PADA GURU-GURU SLTPN DI KECAMATAN MEDAN KOTA)

Anifah, (2005) HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DAN KEPROFESIONALAN GURU DENGAN MUTU PEMBELAJARAN (STUDI PADA GURU-GURU SLTPN DI KECAMATAN MEDAN KOTA). Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
035030211- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035030211- Absstrak.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035030211- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035030211- Bab I.pdf - Published Version

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035030211- Bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
035030211- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (610kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepuasan kerja dengan mutu pembelajaran, hubungan keprofesionalan guru dengan mutu pebelajaran, dan hubungan kepuasan kerja dan keprofesionalan guru secara bersama-sama dengan mutu pembelajaran guru.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional karena melihat hubungan antar variabel. Populasi penelitian ini, seluruh guru SLTPN di Kecamatan Medan Kota yang berjumlah 250 orang, dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah 152 orang atau 60,8% dari populasi. Instrunen pengumpulan data adalah kuesioner untuk kepuasan kerja dan keprofesionalan guru, angket untuk mutu pembelajaran.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) Terdapat hubungan positif kepuasan kerja dengan mutu pembelajaran ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,7254 dan t-hit = 12,91 > t-tab= 1,98 dengan dk = 150 pada taraf signifikansi a = 0,05. (2) Terdapat hubungan pengetahuan keprofesionalan guru dengan mutu pembelajaran ditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,7214 dan t-hit = 12,7585 > t-tab = 1,98 dengan dk = 150 pada taraf siglifikansi a = 0,05, dan (3) Terdapat hubungan kepuasan kerja dan keprofesionalan guru secara bersama-sama dengan mutu pembelajaran ditunjukkan dengan koefesien korelasi sebesar 0,726 dan koefesien determinasi 0,5271 yang berarti bahwa 52,71% mutu pembelajaran guru dapat dijelaskan dengan kepuasan kerja dan, keprofesionalan guru secara bersama-sama melalui persamaan garis regresi ganda Y = 20,66 + 2,16X1 + 0,87X2.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiman, 195501081980031007
Thesis advisorAnsyari, Khairil196309101988031002
Call Number: 371.1 Ani h
Keywords: Kepuasan kerja; Keprofesionalan guru; Pembelajaran; Mutu; Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2137

Actions (login required)

View Item View Item