PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIF BEHAVIOR THERAPY TERHADAP KECEMASAN BERBICARA SISWA SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN AJARAN 2016/2017

Sirait, Rinehart (2016) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIF BEHAVIOR THERAPY TERHADAP KECEMASAN BERBICARA SISWA SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 1123151033 COVER.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 1123151033 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 1123151033 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 1123151033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 1123151033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 1123151033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 1123151033 BAB-I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 1123151033 BAB-V.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1123151033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan Rational Emotif Behavior Therapy terhadap kecemasan berbicara siswa SMA Negeri 1 Siantar Narumonda Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pre test – post test group design, subjek penelitian adalah siswa yang memiliki kecemasan berbicara tinggi yang berjumlah 10 siswa. Alat pengumpul data dilakukan dengan pemberian kuesioner (angket). Analisa data adalah uji wilcoxon untuk melihat perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian memperoleh rata – rata pre test sebesar 65,2 dan rata – rata post test 51,2. Dari hasil uji hipotesis diperoleh Zhitung < Ztabel pada taraf signifikansi 5% atau α = 0,05 yakni -2,803<-1,96, maka nilai rata – rata postest signifikan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, menunjukan ada perubahan kecemasan berbicara siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan rational emotif behavior therapy, maka dapat disimpulkan melalui konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan rational emotif behavior therapy dapat menurunkan kecemasan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMunir, Abdul195907131986011001
Call Number: SK-2016 BK 089
Keywords: Kecemasan Berbicara; Konseling Kelompok;Rasional Emotif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Nov 2016 06:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21340

Actions (login required)

View Item View Item