PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Naibaho, Andry Novita Sari (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2123311005 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2123311005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2123311005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2123311005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2123311005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2123311005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2123311005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2123311005 BAB I.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2123311005 BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2123311005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran peta pikiran terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 5 Medan yang berjumlah 360 orang. Dari populasi ini diambil sampel dengan pengambilan random sampling, dan diperoleh sampel yaitu kelas X MIA-1 yang terdiri dari 40 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah model desain penelitian eksperimen one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Penggunaan model pembelajaran peta pikiran mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa. Adanya perubahan positif dari siswa menjadikan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi lebih menarik dan menyenangkan. Pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran peta pikiran dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Hal ini terlihat dari distribusi data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model pembelajaran peta pikiran (pre-test) berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 63,87 dan kemampuan siswa setelah menggunakan model pembelajaran peta pikiran (post-test) berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 75,25.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSolin, Mutsyuhito195810061985031001
Call Number: SK-2016 IND 168
Keywords: Model pembelajaran peta pikiran;Menulis teks;Hasil observasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Nov 2016 00:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21121

Actions (login required)

View Item View Item