PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELECTUALLY) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DONGENG OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 39 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Purba, Winda Fitriani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELECTUALLY) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DONGENG OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 39 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2113311075 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2113311075 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2113311075 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2113311075 PREFACE.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2113311075 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2113311075 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2113311075 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2113311075 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 2113311075 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2113311075 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 2113311075 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan model SAVI terhadap kemampuan menulis dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 39 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one group pre-test dan post-test design. Populasi dalam penelitian berjumlah 237 siswa kelas VII Negeri 39 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang siswa yang ditempatkan dalam 1 kelas eksperimen (one group pre and pos tests). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji "t" dengan rumus Mx My x y SE M M t    0 Setelah t0 diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf 5% maupun 1% dengan df = N-1 = 39. Pada tabel t dengan df= 39 diperoleh 5% = 2,02. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari tt yaitu 4,58 > 2,02 maka hipotesis diterima. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan menulis dongeng dengan mengaplikasikan model SAVI menunjukkan adanya pengaruh yang positif dimana ada dua kategori keadaan siswa berdasarkan nilai tes menulis dongeng, yaitu kategori sangat baik sebanyak 34 siswa atau 85% dan kategori baik sebanyak 6 siswa atau 15%. Identifikasi hasil pos-tes tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Penelitan ini membuktikan bahwa kemampuan menulis dongeng dengan mengaplikasikan model SAVI memberikan pengaruhyang positif dimana hasil perhitungan menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kemampuan menulis dongeng dengan mengaplikasikan model SAVI adalah 66,63%, sedangkan sisanya 33,374% berasal dari faktor lain seperti saranan dan prasaran sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDaulay, Syahnan195808311986011002
Call Number: SK-2016 IND 161
Keywords: Model Pembelajaran SAVI; Menulis; Dongeng
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Nov 2016 03:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21099

Actions (login required)

View Item View Item