KONTRIBUSI PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI DONGENG OLEH SISWA KELAS VII SMP DHARMA BAKTI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Tarigan,, Ernawati (2016) KONTRIBUSI PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI DONGENG OLEH SISWA KELAS VII SMP DHARMA BAKTI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 209311051 COVER.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 209311051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 209311051 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 209311051 PREFACE.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 209311051 TABLES.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 209311051 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 209311051 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 209311051 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 209311051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi penggunaan Media Animasi terhadap keterampilan menulis kembali dongengoleh siswa kelas VII SMP Dharma Bakti Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Dharma Bakti Medan sebanyak 114 siswa dan sampel penelitian dilakukan terhadap 56 siswa kelas VII SMP Dharma Bakti Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sampel pengambilan yang dilakukan dengan teknik randomsampling. Selanjutnya sampel dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 28 siswa untuk kelompok eksperimen dan 28 siswa untuk kelompok kontrol. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis kembali dongeng dengan menggunakan media Animasi, kemampuan menulis kembali deongen dengan menggunakan media ekspositori, dan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi penggunaan media animasi dibandingkan dengan menggunakan media ekspositori dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis kembali dongeng. Media Animasi lebih berkontribusi digunakan dalam meningkatkan keterampilan siswa menulis kembali dongeng. Hal ini terbukti dari hasil uji t diperoleh t hitung < ttabel yakni 1,71 < 2,01. Untuk itu perlunya guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan pembelajaran menulis kembali dongeng dengan menerapkan media Animasi karena media ini terbukti lebih berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan menulis kembali dongeng. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, kemampuan menulis kembali dongeng siswa kelas VII SMP Darma Bakti Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016 dengan menggunakan media Animasi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 75,07. Kemampuan menulis kembali dongeng siswa kelas VII SMP Darma Bakti Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016 dengan menggunakan model ekspositori termasuk dalam kategori baik dengan nilai ratarata 70,5

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLubis, Malan196707181993101001
Call Number: SK-2016 IND 205
Keywords: Media; Animasi; Menulis; Dongeng
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Nov 2016 03:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21095

Actions (login required)

View Item View Item