PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS SEJARAH LOKAL UNTUK KELAS IV SDN 066661 MEDAN DELI TAHUN AJARAN 2015/2016

Astuti, Retno (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS SEJARAH LOKAL UNTUK KELAS IV SDN 066661 MEDAN DELI TAHUN AJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8146182034 JUDUL.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8146182034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8146182034 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8146182034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8146182034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8146182034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8146182034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8146182034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8146182034 BAB I.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8146182034 BAB V.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8146182034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan SK/KD dalam kurikulum dan dapat memenuhi kebutuhan pendidik dalam mengajarkan materi Peninggalan Sejarah pada mata pelajaran IPS SD kelas IV di kota Medan, serta untuk mengetahui efektifitas bahan ajar pada pelajaran IPS materi Peninggalan Sejarah yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 066661 Medan Deli. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kuisioner validasi bahan ajar dan tes hasil belajar siswa. Data validitas dianalisis menggunakan persentase skor. Klasifikasi persentase ditafsirkan dengan kalimat yang lebih kualitatif. Skor tes hasil belajar dianalisis dengan ketuntasan individual dan klasikal sesuai dengan yang ditetapkan dalam KTSP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) produk yang dihasilkan telah valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPS SD kelas IV pada materi “Peninggalan Sejarah”, (2) efektifitas bahan ajar dapat dilihat dari perolehan ketuntasan individual dan klasikal siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHidayat, 196208061990031002
Thesis advisorYus, Anita195907211986012001
Call Number: 372.83 Ast p
Keywords: Pengembangan bahan ajar; Sejarah lokal; Buku; Model pengembangan
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Nov 2016 04:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21023

Actions (login required)

View Item View Item