UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW)DIKELAS IXSMPYAYASAN PERGURUAN AL-HIDAYAHMEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Ainun, Nur (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW)DIKELAS IXSMPYAYASAN PERGURUAN AL-HIDAYAHMEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123311036 COVER.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123311036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123311036 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123311036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123311036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123311036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123311036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123311036 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123311036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4123311036 BAB 1.pdf - Published Version

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123311036 BAB 5.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4123311036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dan cara mengatasinya melalui strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa Kelas IX-B SMP Yayasan Perguruan Al- Hidayah Medan tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes kemampuan komunikasi matematik, lembar observasi, dan wawancara. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematik. Sebelum diberikan, tes terlebih dahulu divalidkan ke validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi TTW pada pokok bahasan Tabung dan Kerucut dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Hal ini dilihat dari hasil sebelum tindakan diberikan, pada pemberian tes diagnostik dari 30 siswa hanya sebanyak 5 siswa (16,67%) yang mencapai nilai 70 dengan nilai rata-rata kelas 45,29. Setelah diberi tindakan, Tes Kemampuan Komunikasi Matematik I pada siklus I, dari 30 siswa sebanyak 15 siswa (50%) mencapai nilai 70 dengan nilai rata-rata kelas 62,31. Dari analisis data Tes Kemampuan Komunikasi Matematik II pada siklus II diperoleh bahwa dari 30 siswa terdapat 26 siswa (92,5%) yang mencapai nilai 70 dengan nilai rata-rata kelas 76,76. Berdasarkan hasil observasi, pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I, termasuk kategori baik dengan skor 2,98. Kemudian, pada siklus II, tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategori sangat baik dengan skor 3,48. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan komunikasi matematik siswa pada materi Tabung dan Kerucut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorFirdaus, Muliawan197905222005011004
Call Number: SK-2016 MAT 163
Keywords: Komunikasi Matematika; Tabung dan Kerucut; Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Oct 2016 07:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20858

Actions (login required)

View Item View Item