Simamora, Rina Afriani (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL KIMIA BERBASIS PROYEK PADA MATERI ALDEHID-KETON DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4122131015 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
2 NIM 4122131015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
4 NIM 4122131015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
5 NIM 4122131015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6 NIM 4122131015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7 NIM 4122131015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7 NIM 4122131015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8 NIM 4122131015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9 NIM 4122131015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
10 NIM 4122131015 BAB I.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
14 NIM 4122131015 BAB V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
15 NIM 4122131015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Pengembangan bahan ajar modul berbasis proyek pada materi aldehidketon
di SMA dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1
Sunggal dan Universitas Negeri Medan (UNIMED). Validator yang digunakan
adalah tiga orang dosen kimia UNIMED dan tiga orang guru kimia SMA Negeri 1
Sunggal dengan mengisi angket penilaian bahan ajar aldehid-keton berdasarkan
standar BSNP.
Dalam pengembangan bahan ajar berbasis proyek ini, langkah awal yang
dilakukan adalah memilih satu buku kimia organik universitas dan tiga buku
kimia SMA untuk dianalisis oleh peneliti, tiga orang dosen dan tiga orang guru
kimia. Dari hasil analisis buku oleh guru kimia didapatkan skor rata-rata untuk
kode buku A, B, C dan D berturut-turut adalah 4,18; 3,77; 3,77 dan 3,68
sedangkan hasil analisis oleh dosen didapatkan skor rata-rata untuk kode buku A,
B, C dan D berturut-turut adalah 4,07; 3,69; 3,60; 3,93 dengan kriteria validasi
masing-masing valid dan tidak perlu direvisi.
Dengan berpedoman pada silabus dan analisis buku diperoleh sebuah
draft bahan ajar dengan urutan materi yang akan diintegrasikan dengan proyek,
contoh soal dan penyelesaian pada sub pokok bahasan, latihan soal dan soal-soal
evaluasi, info-info kimia dalam kehidupan sehari-hari, sekilas tentang, info kimia,
tokoh kimia, proyek dan beberapa daftar pustaka yang dilengkapi degan beberapa
referensi.
Kemudian bahan ajar distandarisasi oleh tiga orang dosen kimia dan tiga
orang guru untuk mengetahui apakah bahan ajar valid dan tidak valid.
Berdasarkan penilaian yang diperoleh dari penelitian, nilai yang diperoleh berada
pada kisaran 4,21-5,00 tepatnya pada angka 4,69 dan 4,54 yang berarti bahan ajar
modul sangat valid, tidak perlu direvisi dan layak digunakan. Dengan melihat
hasil standarisasi bahan ajar berbasis proyek pada materi aldehid-keton ini layak
digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan baik guru maupun
siswa yang mengajar dan mempelajari kimia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 221 |
Keywords: | Pengembangan;Model Pembelajaran; Bahan Ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 08:24 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20775 |