PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS LESSON STUDY MENGGUNAKAN MEDIA ISIS DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI HIDROKARBON

Wulandika, Silvi (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS LESSON STUDY MENGGUNAKAN MEDIA ISIS DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123331048 Cover Skripsi.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123331048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123331048 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123331048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123331048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123331048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123331048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123331048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 4123331048 BAB 1.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123331048 BAB V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 4123331048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajaran inkuiri berbasis lesson study menggunakan media isis draw memberikan pengaruh lebih tinggi daripada hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajaran ekspositori pada materi hidrokarbon dan proses pelaksanaan indikator pembelajaran inkuiri berbasis lesson study pada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Lubuk Pakam yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak (random), 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrumen adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang valid dengan tingkat reliabel 0,805. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Inkuiri berbasis lesson study menggunakan media isis draw dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran ekspositori. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 37 dan nilai rata-rata post-test adalah 87 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 32 dan nilai rata-rata post-test adalah 74. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung> ttabel yakni 9,286 > 1,6671 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajaran inkuiri berbasis lesson study menggunakan media isis draw memberikan pengaruh lebih tinggi daripada hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajaran ekspositori pada materi hidrokarbon. Kemudian proses pelaksanaan indikator pembelajaran inkuri berbasis lesson study dapat dilihat dari rata-rata persentase keterlaksanaan indikator pembelajaran berbasis Lesson Study pada pertemuan pertama dan kedua yaitu sebesar 62,5 % menjadi 84,38%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Call Number: SK-2016 KIM 222
Keywords: Inkuiri; Lesson Study; Isis Draw; Hidrokarbon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20707

Actions (login required)

View Item View Item