PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI VIRUS UNTUK SMA/MA

Simanullang, Feronida Sintia (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI VIRUS UNTUK SMA/MA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Nim. 4122141006 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Nim. 4122141006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Nim. 4122141006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Nim. 4122141006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Nim. 4122141006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Nim. 4122141006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Nim. 4122141006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Nim. 4122141006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Nim. 4122141006 BAB I.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Nim. 4122141006 BAB V.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Nim. 4122141006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses penyusunan LKS berbasis inkuiri terbimbing mengikuti tahap pengembangan sistem instruksional model 4-D, dan (2) menghasilkan LKS berbasis inkuiri terbimbing yang baik untuk diterapkan pada pembelajaran Biologi kelas X SMA/MA materi pokok Virus. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan desain pengembangan instruksional model 4-D, dibatasi hingga tahap pengembangan (develop). Objek penelitian adalah perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok Virus di kelas X SMA/MA. Data penelitian diperoleh dari penilaian ahli konstruksi dan ahli isi terhadap produk LKS berbasis inkuiri terbimbing menggunakan instrument penilaian LKS yang memuat aspek konstruksi, format, kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelengkapan, dan kebahasaan. Hasil penelitian diperoleh, bahwa: (1) Konstruksi LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi pokok virus untuk SMA/MA yang dihasilkan mendapat nilai 89,5 tergolong kedalam kategori sangat baik; (2) Isi LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi virus untuk SMA/MA mendapat nilai 81,25 tergolong kedalam kategori sangat baik. Hasil penelitian disimpulkan, bahwa produk LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi virus untuk SMA/MA yang dikembangkan melalui ini sudah sangat baik digunakan dalam pembelajaran biologi pada jenjang SMA/MA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimatupang, Zulkifli196605161992031001
Call Number: SK-2016 BIO 163
Keywords: Pembelajaran Biologi; Materi Pokok Virus; Inkuiri Terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QR Microbiology > QR75 Bacteria
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Oct 2016 07:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20639

Actions (login required)

View Item View Item