PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMPNEGERI 1 KABANJAHET.A 2015/2016

Sembiring, Rio Frananda (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMPNEGERI 1 KABANJAHET.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123321043 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123321043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123321043 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123321043 PREFACE.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123321043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123321043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123321043 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123321043 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123321043 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4123321043 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123321043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan pengaruh model Pembelajaran Berdasrkan Masalah terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII Semester II pada materi pokok cahaya di SMP Negeri 1 Kabanjahe T.A 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Kabanjahe yang berjumlah 400 siswa yang terdiri dari sepuluh kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII9 (sebagai kelas eksperimen) yang diberi perlakuan menggunakan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dan kelas VIII7 (sebagai kelas kontrol) yang diberi perlakuan menggunakan model Konvensional yang masing-masing berjumlah 39 orang yang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes esay dengan jumlah 10 item yang sebelumnnya telah divalidasi, untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 30,33 dengan standar deviasi 8,81 dan kelas kontrol adalah 27,03 dengan standar deviasi 9,51 setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 58,67 dengan standar deviasi 11,89 dan kelas kontrol 43,90 dengan standar deviasi 11,77. Hasil pengamatan dan perhitungan yang dilakukan oleh observer pada saat proses belajar, diperoleh bahwa. persentase rata-rata aktivitas belajar siswa dari pertemuan I yaitu 47,0 %, pertemuan II rata-rata 59,3 %, serta pertemuan III rata-rata 74,8 %, adanya peningkatan aktivitas pada setiap pertemuan. Dari hasil uji t diperoleh bahwa hitung t (5,49) > tabel t (1,66) dengan α=0,05 dan dk=76, maka Ha di terima yang berarti ada perbedaan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Cahaya di kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Kabanjahe T.A. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiregar, Alkhafi Maas19690127199412001
Call Number: SK-2016 FIS 116
Keywords: Quasi Eksperimen; Model Pembelajarn Berdasarkan Masalah; Cluster Random Sampling
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC474 Radiation physics (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Oct 2016 04:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20589

Actions (login required)

View Item View Item