PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Giantama, Haprila Putri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 7123142023 COVER.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 7123142023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 7123142023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 7123142023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 7123142023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 7123142023 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 7123142023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 7123142023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 7123142023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 7123142023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 7123142023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Binjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Binjai yang beralamat di Jalan Cut Nyak Dhien No.123 Binjai Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yaitu sebanyak 88 orang, dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, kelas XI IPS 1 yang berjumlah 44 orang dan kelas XI IPS 2 yang berjumlah 44 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes yang diberikan dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya beda soal dan taraf kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan menghitung mean dan standar deviasi, uji normalitas menggunakan uji lilliefors, uji homogenitas dan menghitung uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α = 0,05 maka hipotesis tidak dapat ditolak. Dari hasil analisa data dan perhitungan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pre test yaitu sebesar 47,95 dengan standar deviasi 14,64 dan nilai ratarata post test yaitu sebesar 68,07 dengan standar deviasi 12,54. Dan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre test yaitu sebesar 51,59 dengan standar deviasi 12,61 dan nilai rata-rata post test yaitu sebesar 85,34 dengan standar deviasi 7,10. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan α= 0,05. Pada post test hasil belajar diperoleh thitung = 7,89 sedangkan ttabel = 1,665 dengan thitung > ttabel sehingga Ha tidak dapat di tolak. Jadi, berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Sondang Aida197901142008012005
Call Number: SK-2016 AKT 112
Keywords: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching; Metode Konvensional; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 07:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20531

Actions (login required)

View Item View Item