PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN CHANGING PATRNER TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS MAN 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Rambe,, Abdul Fazran (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN CHANGING PATRNER TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS MAN 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.7113142001 COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.71131420021APPROVAL.pdf - Published Version

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7113142001ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.7113142001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7113142001 TBLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7113142001 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.7113142001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7113142001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7113142001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.7113142001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.7113142001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS di MAN 3 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing dan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Changing Partner siswa kelas XI IS MAN 3 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Medan yang beralamat di Jl. Pertahanan No.99 Medan Amplas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS yang berjumlah 80 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 1 (XI IS1) dan eksperimen 2 (XI IS2) yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Dimana sebelumnya tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t pada taraf α= 0,05. Dari hasil analisis data kelas eksperimen 1 nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 33,67 dan 77,83 dengan standar deviasi 13,38 dan 12,01. Sedangkan pada kelas eksperimen 2 nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 32,5 dan 70,17 dengan standar deviasi 11,72 dan 13,42. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung=2,332 dan ttabel = 1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung> ttabel yaitu 2,332> 1,671. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung> ttabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Changing Partner pada siswa kelas XI IS MAN 3 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita19570923194032001
Call Number: SK-2016 AKT 163
Keywords: Model Pembelajaran Problem Posing; Changing Partner; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 02:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20492

Actions (login required)

View Item View Item