PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA CERDAS MURNI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Tanjung, Mhd. Tantomi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA CERDAS MURNI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123141090 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7123141090 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123141090 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123141090 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123141090 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7123141090 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7123141090 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7123141090 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7123141090 BAB I.pdf - Published Version

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123141090 BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7123141090 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X di SMA Cerdas Murni. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran reciprocal teaching lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas X di SMA Cerdas Murni Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Cerdas Murni pada Tahun Pembelajaran 2016/2017 dengan jumlah populasi 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling yang terdiri dari 25 siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dan 25 siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t. berdasarkan analisis data pada kelas ekperimen diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 38,2 dengan standar deviasi 10,194 dan rata-rata post-test sebesar 82,6 dengan standar deviasi 9,1424. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 40 dengan standar deviasi 9,354 dan nilai rata-rata post-test pada kelas control sebesar 74,6 dengan standar deviasi 8,2815. Kedua data tersebut berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis penelitian yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,24 > 2,0147. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran reciprocal teaching lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas X di SMA Cerdas Murni Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita196111021987031001
Call Number: SK-2016 EKO 119
Keywords: Reciprocal Teaching; Metode Konvensional; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Oct 2016 01:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20330

Actions (login required)

View Item View Item