PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Veronika, Ika (2016) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 7123141057 COVER.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123141057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123141057 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123141057 PREFACE.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123141057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123141057 TABLES.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123141057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123141057 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123141057 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123141057 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 7123141057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini apakah ada pengaruh pola asuh orangtua dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Dharma Pancasila Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Dharma Pancasila Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ekspost Fakto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Dharma Pancasila Medan yang berjumlah 75 siswa. Sampel dalam penelitian ini merupakan sampel total yaitu sebanyak 75 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan observasi. Uji validitas untuk analisis butir angket mengunakan rumus Product Moment, dan reliabilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 36,128 + 0,404 X1 + 0,361 X2. Selanjutnya variabel pola asuh orangtua (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa (X) dengan nilai thitung > ttabel (4,833 > 1,666). Sementara disiplin belajar (X2) juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung sebesar 4,822 dan ttabel sebesar 1,666. Secara bersama-sama pola asuh orangtua dan disiplin belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel (40,875 > 3,12). Persentase sumbangan pengaruh pola asuh orangtua dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 53,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRuslan, Dede196507041990031002
Call Number: SK-2016 EKO 097
Keywords: Pola Asuh Orangtua; Disiplin Belajar; Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Oct 2016 03:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20299

Actions (login required)

View Item View Item