KONSEP DASAR IPS

Sitohang, Risma (2011) KONSEP DASAR IPS. [Teaching Resource]

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (883kB) | Preview

Abstract

Ilmu pengetahuan sosial merupakan suatu program pendidikan yang mengintegrasikan konsep-konsep dasar terpilih dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora ,untuk tujuan pembinaan warga negara yang baik. Melalui mata
pelajaran IPS di sekolah dasar para siswa diharapkan dapat memiliki pengetahuan dan wawasan tentang konsep-konsep dasar ilmu sosial dan humaniora, memiliki kepekaan dan kesadaran terhadap masalah sosial di lingkungannya,serta memiliki keterampilan mengkaji dan memecahkan masalah-masalah sosial tersebut. Melalui mata pelajaran IPS diharapkan para siswa dapat terbina menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab.
Untuk dapat megajarkan IPS dengan baik maka bagi calon guru/mahasiswa diharapkan dapat menguasai konsep-konsep dasar ilmu-ilmu sosial. Oleh karena itu sebagai calon guru, mahasiswa diharapkan untuk mempelajari buku bahan ajar konsep dasar IPS ini dengan baik.
Buku ini dirancang untuk membantu memantapkan wawasan mahasiswa calon guru kelas sekolah dasar tentang konsep-konsep dan keterampilan-keterampilan dasar dalam ilmu-ilmu sosial yang dipersyaratkan bagi pendidikan IPS sekolah dasar.
Buku bahan ajar secara garis besar berisi tentang konsep-konsep IPS yang berasal dari ilmu-ilmu sosial; Sosiologi, Antropologi, Ilmu Politik, Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Koperasi.

Item Type: Teaching Resource
Uncontrolled Keywords: Guru; Ilmu sosial; Perekonomian; Pembangunan; Masyarakat; Keterampilan dasar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Sep 2016 06:58
Last Modified: 30 Sep 2016 02:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20114

Actions (login required)

View Item
View Item