PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA SMK TI (TEKNOLOGI INDUSTRI) PADA PEMBELAJARAN KOLOID DENGAN MENGKOMUNIKASIKANNYA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF

Siregar, Lamtiar Ferawaty (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA SMK TI (TEKNOLOGI INDUSTRI) PADA PEMBELAJARAN KOLOID DENGAN MENGKOMUNIKASIKANNYA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146142020 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146142020 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146142020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146142020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146142020 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146142020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146142020 TABLES.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146142020 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8146142020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8146142020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8146142020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengembangkan bahan ajar kimia dengan mengkomunikasikannya pada mata pelajaran produktif. (2) Mengetahui perbedaan secara signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar kimia dengan mengkaitkannya pada mata pelajaran produktif dibandingkan bahan ajar kimia tanpa mengkaitkannya pada mata pelajaran produktif. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK TI. Sampel dalam penelitian ini adalah SMK Swasta Teladan Sumatera Utara-2 sebanyak 2 kelas yang berjumlah 60 orang yang diambil secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bahan ajar penerbit A dan B pada pokok bahasan koloid berdasarkan BSNP Bahan ajar penerbit A memiliki nilai rata-rata sebesar 2,4 yang artinya kurang valid dan perlu revisi. Bahan ajar penerbit B memiliki nilai rata-rata sebesar 2,7 yang artinya valid dan tidak perlu revisi. (2) Bahan ajar kimia pada materi koloid yang telah dikembangkan untuk kelas XII SMK semester II telah layak/ standar dengan nilai rata-rata 4,3 yang artinya sangat valid dan tidak perlu revisi. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan implementasi bahan ajar kimia yang telah dikembangkan lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar kimia yang ada dari sekolah.(Sig-I-tailed <α (0,013<0.05).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Albinus195303201980121001
Thesis advisorTarigan, Simson196703171992031004
Call Number: 541.345 071 9 Sir p
Keywords: Bahan ajar; Mata pelajaran produktif; Kimia koloid; Motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Sep 2016 03:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20058

Actions (login required)

View Item View Item