PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI INDIVIDUAL UNTUK MATA KULIAH ANATOMI

Harahap, Novita Sari and Zulfahri, (2009) PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI INDIVIDUAL UNTUK MATA KULIAH ANATOMI. Research Report. FIK Unimed.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Anatomi memiliki peranan yang sangat penting dalam membekali kompetensi mahasiswa olahraga oleh karena pembelajaran mata kuliah ini dimaksud untuk mendidik dan melatih mahasiswa dalam menemukan dan menanamkan kebenaran ilmiah melalui pemahaman, penguasaan tentang struktur tubuh yang terdiri dari rangka, otot, persendian, serta sistem tubuh seperti sistem saraf, sistem cardiovaskuler, sistem respirasi yang erat hubungannya dengan kegiatan olahraga.Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa sehingga tercapainya kompetensi individual dalam mata kuliah anatomi serta untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran anatomi dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (Action Research). Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, lama 1 siklus sekitar 6 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Anatomi pada semester Ganjil TA. 2009-2010 Fakultas Ilmu Keolahragaan UNIMED. Subjek penelitian direncanakan sebanyak 40 orang mahasiswa. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pencapaian kompetensi individual dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam KBM mata kuliah anatomi serta mendapat respon (tanggapan) yang positif dari mahasiswa karena dengan model ini mahasiswa dapat mengeksploitasi pengetahuan awalnya, bernalar sehingga perubahan layanan menjadi sangat bermakna dalam hidupnya.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 796.07 Har p
Keywords: Pembelajaran kontekstual; Kompetensi individual; Strategi pembelajaran; Anatomi; Mengajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QL Zoology > QL801 Anatomy
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19900

Actions (login required)

View Item View Item