UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA MELALUI KEGIATAN REVIU KESIAPAN AWAL PADA PENGGUNAAN KOMPUTER PADA SISTEM TENAGA LISTRIK

Affandi, Marwan and Supriyanto, and Subakti, and Mustamam, and Manullang, Jongga (2006) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA MELALUI KEGIATAN REVIU KESIAPAN AWAL PADA PENGGUNAAN KOMPUTER PADA SISTEM TENAGA LISTRIK. Research Report. FT UNIMED.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (646kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan mahasiswa pada penggunaan komputer pada sistem tenaga listrik adalah kurangnya kemampuan awal yang dimiliki mahasiswa dan lemahnya strategi pembelajaran yang diterapkan. Oleh karena itu sasaran yang sangat diharapkan dalam pembelajaran adalah menemukan strategi pembelajaran yang efektif dan mampu mengakomodasi kebutuhan belajar mahasiswa, agar mampu menterjemahkan berbagai bentuk permasalahan yang ditangani dan dipecahkan melalui bantuan komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas peningkatan kemampuan penggunaan komputer bagi mahasiswa melalui kegiatan reviu kesiapan awal mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNIMED, pada tahun akademik 2006/2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kelemahan utama yang dialami mahasiswa dalam menghadapi perkuliahan penggunaan komputer pada sistem tenaga listrik adalah rendahnya kemampuan awal yang berkenaan dengan dasar pemrograman komputer, dan lemahnya kemampuan dalam hal analisa sistem tenaga listrik, (2) Untuk menanggulangi kelemahan yang dihadapi oleh mahasiswa, maka penggunaan kegiatan reviu kesiapan awal merupakan salah satu strategi yang cukup ampuh, hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan reviu kesiapan awal, kemampuan mahasiswa meningkat dari rata-rata 53,36 pada tes awal menjadi rata-rata 71,86 pada siklus pertama, (3) Dengan pelaksanaan kegiatan reviu dan mengkombinasikan dengan pemberian program simulasi, maka kemampuan mahasiswa akan lebih meningkat, hal ini dibuktikan dari hasil pelaksanaan tindakan pada siklus kedua yang menghasilkan rata-rata kemampuan mahasiswa 82,55, dimana sebelumnya (pada siklus pertama) mahasiswa hanya memperoleh nilai rata-rata 71,86, (4) Penerapan kegiatan reviu kesiapan awal pada penggunaan komputer dalam sistem tenaga listrik sangat membantu meningkatkan kemampuan mahasiswa dan sangat membantu kelancaran pelaksanaan pembelajaran dalam ruang komputer, dan (5) Kekurangan yang dirasakan dalam penerapan kegiatan reviu kesiapan awal ini dalam pelaksanaan tindakan adalah penggunaan waktu yang masih terbatas, dan fasilitas komputer yang terbatas, sehingga menimbulkan keterlambatan bagi mahasiswa dalam melakukan kegiatan latihan.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 620 Aff u
Keywords: Komputer; Kemampuan awal; Kegiatan reviu; Sistem tenaga listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19894

Actions (login required)

View Item View Item