UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI PEMBENTUKAN I DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Sinambela, Nancy and Gurning, Richard and Situmeang, Pangihutan and Purba, Bonaraja and Yulia, Erma (2006) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI PEMBENTUKAN I DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Research Report. FT UNIMED.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (624kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian tindakan (action research) yang dilakukan pada Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT Unimed Semester ganjil Angkatan 2005. Kebutuhan yang mendesak dilaksanakan penelitian tindakan ini didasari lemahnya pemahaman konsep dan hasil praktek mahasiswa pada matakuliah Teknologi Pembentukan I. Tindakan yang dilakukan adalah menerapkan Pembelajaran Berdasarkan Kontekstual yang penekanannya pada pemahaman konsep dan memampukan mahasiswa merekontruksi dan menemukan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah pendekatan pembelajaran berdasarkan konteks dapat mengatasi kesulitan mahasiswa memahami konsep dan memampukan mahasiswa merekontruksi pada mata kuliah Teknologi Pembentukan I. (2) mendeskripsikan penguasaan konsep dan kemampuan praktek dari mahasiswa dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Berdasarkan data penelitian dapat dideskripsikan, pada siklus pertama rata-rata persentase pemahaman konsep mahasiswa dan persentase kemampuan praktek berturut-turut 70%. Pada siklus kedua, melalui pemberian Job-sheet sangat membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan memahami konteks perkuliahan dan lebih mengaktifkan mahasiswa berkoperatif dalam menyelesaikan soal dan job-sheet sehingga rata-rata persentase pemahaman konsep mahasiswadan kemampuan mengkonstruksi dan menemukan melalui kegiatan pengayaan diperoleh hasil 89%. Selanjutnya hasil praktek menunjukkan penguasaan berturut-turut 68%, 86%, dan 96%. Dari 2 siklus tindakan yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran berdasarkan kontekstual dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan mahasiswa pada mata kuliah Teknologi Pembentukan I.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 621.8 Sin u
Keywords: Pendekatan kontekstual; Model pembelajaran; Hasil belajar; Learning community; Questioning; Inquiry; Konstruktivisme
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19893

Actions (login required)

View Item View Item