METODE PEMBELAJARAN TEAM TEACHING DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS DI JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FBS UNIMED

Wuriyani, Elly Prihasti (2010) METODE PEMBELAJARAN TEAM TEACHING DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS DI JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FBS UNIMED. Project Report. FBS Unimed.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul Metode Pembelajaran Team Teaching (TT) dan Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Menulis Di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan mahasiswa dalam mata kuliah menulis, sehingga mereka dapat menulis dengan mengunakan variasi paragraf dan berbagai topik. Selaian itu, dengan model Team Teaching (TT) mahasiswa akan lebih terbimbing dan mendapat masukan dari beberapa dosen. Berdasarkan indikator kinerja diperoleh peningkatan sebesar 40% dari beas line 50% menjadi 90%. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan di setiap tahap. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini ada adalah 1) tahap tes awal, 2) tahap membuat karangan dengan mengunakan berbagai jenis paragraf yang diawali dengan memberikan topik permasalahan, 3) mengedit tulisan mahasiswa yang lain, dan 4) tahap mereproduksi tulisan. Berdasarkan tahap tersebut diperoleh peningkatan yang sangat baik yaitu kemampuan awal mahasiswa yang berada pada kategori Baik Sekali hanya 1 mahasiswa menjadi 23 mahasiswa pada tahap akhir yang berada pada rentang nilai 85-100. Berdasarkan hasil tersebut dapat disarakan bahwa model pembelajaran Team Teaching dan Problem Based Learning terbukti dapat memotivasi mahasiswa karena perkuliaan tidak hanya di kelas dan berfokus pada buku tetapi juga internet dan lingkungan. Kemampuan mahasiswa akan lebih berkembang apabila terjadi kebervariasian suasana dan dosen yang mengajar. Team Teaching bisa dilakukan meskipun masih terdapat kekuarangan sumber daya atau pengajar yaitu dengan melakukan semi team teaching.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: Metode pembelajaran; Team teaching; Problem based learning; Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
Last Modified: 13 Jan 2017 08:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19870

Actions (login required)

View Item
View Item