MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JERMAN MELALUI KESEPAKATAN PRAGMATIK OLEH PENUTUR BAHASA INDONESIA DAN BAHASA JERMAN

Evianty, Rina and Sari, Risnovita and Siahaan, Jujur and Adawi, Rabiah and Soraya, Tengku Ratna (2005) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JERMAN MELALUI KESEPAKATAN PRAGMATIK OLEH PENUTUR BAHASA INDONESIA DAN BAHASA JERMAN. Research Report. FBS Unimed.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pragmatik sebagai bagian dari ilmu Linguistik mulai berkembang pada awal tahun 70-an. Walaupun sudah berjalan sekitar 21 tahun belum banyak orang yang menulis maupun yang membuat penelitian mengenai Pragmatik. Masalah-masalah yang dibahas dalam tesis ini terdiri atas tindak tutur bahasa lndonesia dan bahasa Jerman dalam mengucapkan janji, mengundang meminta tolong, mengucapkan terima kasih dan melarang; perbedaan dan persamaan tindak tutur bahasa Indonesia dan bahasa Jerman. Hasil analisis menunjukkan faktor-faktor yang harus ditekankan dalam pengajaran bahasa Jerman adalah pengungkapan makna-makna yang berlainan caranya dalam bahasa Jerman dan bahasa Indonesia antara lain, pemakaian kata Herr tidak bisa berdiri sendiri tidak bisa dikombinasikan dengan nama depan atau nama panggilan, tetapi dikombinasikan dengan nama keluarga. Dalam bentuk sopan santun dipakai bentuk pengandaian klausa pengandaian "Es ware nell" pemakaian partikel besar pengaruhnya dalam kalimat sopan santun. Juga bentuk yang tidak terdapat dalam bahasa Indonesia perlu ditekankan oleh pengajar bahasa Jerman.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 430 Evi m
Keywords: Pragmatik; Ragam bahasa; Analisis kontrastif; Tindak ujar
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
P Language and Literature > PD Germanic languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19868

Actions (login required)

View Item View Item