MODEL PEMBELAJARAN TATA BAHASA PRANCIS DENGAN TEKNIK PERMAINAN GAMBAR KREATIF INOVATIF

Marice and Purba, Delima Iwanti and Nababan, Novelina (2011) MODEL PEMBELAJARAN TATA BAHASA PRANCIS DENGAN TEKNIK PERMAINAN GAMBAR KREATIF INOVATIF. Project Report. FBS Unimed.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan tata bahasa merupakan kegiatan yang memerlukan ketekunan. Pembelajaran tata bahasa bahasa Prancis sering membuat siswa jenuh dan khawatir untuk dapat menguasai kompetensi ini. Hal tersebut mungkin karena kurangnya kesempatan untuk mengembangkan kreativitas mereka disebabkan keterbatasan wawasan bagaimana mampu bertata bahasa dengan baik.
Salah satu teknik yang digunakan dalam keterampilan tata bahasa dalam penelitian ini untuk pembelajaran bahasa Prancis adalah teknik permainan seperti jeu du mot, calligrammes, mots croises, dan charades yang dapat memotivasi siswa dalam mengembangkan kreativitas mereka dalam tata bahasa Prancis. Dengan teknik permainan ini, siswa juga diajak untuk dapat berimajinasi tentang peristiwa-peristiwa atau situasi yang mereka alami ataupun peristiwa bersifat imajiner dengan memperhatikan penggunaan tata bahasa Prancis yang benar. Dari data diperoleh dalam keterampilan tata bahasa Prancis dengan menggunakan teknik permainan dan kreativitas dapat dilihat bahwa kemampuan siswa tata bahasa mengalami peningkatan dari 20 mahasiswa yang ada (24,24%) mendapat nilai A, (39,39%) nilai B, nilai C (27,27%), nilai D (9,09%), dan tidak ada yang mendapat nilai E.
Bila ditinjau dari kesalahan-kesalahan umum dialami oleh mahasiswa dalam belajar tata bahasa dikategorikan menjadi 4 jenis kesalahan dari sudut mathematical error (kesalahan berdasarkan peta matematis) yaitu a) penambahan (addition), b) pengurangan (omission), c) penyusunan (ordering) dan d) pilihan kata (word choice). Berdasarkan data tersebut sebaran kesalahan mahasiswa sebagai berikut a) addition (38,19%), b) omission (31,66%), c) ordering/word order (15,15%) dan d) word choice (15,07%). Ditinjau dari tingkat kesulitan tata bahasa, (64,70%) menyatakan sulit, cukup (29,41%) dan (5,89%) mudah. Dan (92,30%) responden mengatakan penting dan hanya (7,70%) mengatakan penting dan hanya (7,70%) mengatakan cukup penting dalam berkomunikasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: 445 Mar m
Keywords: Model pembelajaran; Pengajaran; Permainan; Kreativitas; Tata bahasa; Pendekatan komunikatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > PC Romance languages > PC2001 French
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
Last Modified: 26 Jan 2017 05:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19819

Actions (login required)

View Item
View Item