ANALISIS MOTIVASI KERJA UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA DOSEN PADA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Agustini, Fauzia and Teviana, T. (2008) ANALISIS MOTIVASI KERJA UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA DOSEN PADA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Research Report. FE Unimed, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap 226 orang dosen tetap UNIMED. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja dosen-dosen UNIMED berdasarkan teori 2 faktor, faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja, pengaruh motivasi kerja terhadap peningkatan kepuasan kerja dan mengetahui peranan pihak rnanajamen UNIMED dalam meningkatkan motivasi kerja dosen-dosen UNIMED, Data diperoleh dengan menggunakan angket dan basil data tersebut diolah dengan program SPSS menggunakan analisis deskriptif, regresi sederhana dan berganda dan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja. Faktor motivasi intrinsik mempunyai pcngaruh yang lebih besar dibandingkan dengan faktor motivasi ekstrinsik. Tanggung jawab atas pekerjaan merupakan faktor motivasi kerja dengan nilai komponen tertinggi sedangkan peluang bagi pengembangan potensi diri setiap dosen merupakan faktor kepuasan yang mempunyai nilai komponen tertinggi berbanding faktor-faktor lainnya. Peningkatan motivasi kerja tidak terlepas dengan peranan pihak manajemen UNIMED yang selama ini sudah memberikan perhatian yang cukup baik terhadap para dosen seperti pemberian penghargaan bagi dosen berprestasi.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 658.314 Agu a
Keywords: Motivasi kerja; Kepuasan kerja; Dosen
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5549 Personnel management. Employment management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19733

Actions (login required)

View Item View Item