PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BELIEF SISWA ANTARA SISWA YANG DIBERI PMR DENGAN PBM DI SD N 1 TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA PROVINSI ACEH

Ichsan, Muhammad (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BELIEF SISWA ANTARA SISWA YANG DIBERI PMR DENGAN PBM DI SD N 1 TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA PROVINSI ACEH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8146181018 Cover..pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8146181018 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8146181018 Abstrak.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8146181018 Kata Pengantar..pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8146181018 Daftar Isi..pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8146181018 Daftar Tabel..pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8146181018 Daftar Gambar..pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8146181018 Daftar Lampiran..pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8146181018 BAB I..pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8146181018 BAB V.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8146181018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diajarkan dengan PMR dan PBM; (2) perbedaan rata-rata peningkatan belief (keyakinan) siswa antara siswa yang diajarkan dengan PMR dan PBM; (3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa antara yang diajarkan dengan PMR dan PBM; (4) peningkatan belief (keyakinan) siswa antara siswa yang diajarkan dengan PMR dan PBM. Penelitian berbentuk Pre Experimental Design dengan desain penilitian Two Group Pretest-Posttest. Intrumen dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dan angket belief siswa. Adapun analisis data menggunakan uji-t dan gain score. Dari hasil penelitian menunnjukkan : (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah, siswa yang diajarkan dengan PMR lebih baik daripada dengan PBM, hal ini berdasarkan nilai thitung (=0,001) sehingga terdapat perbedaan karena sig (2-tailed) < 0,05 dan thitung bernilai positif; (2) terdapat perbedaan belief (keyakinan) siswa, siswa yang diajarkan dengan PMR lebih baik daripada dengan PBM, hal ini berdasarkan nilai thitung(=0,001) sehingga terdapat perbedaan karena sig (2-tailed) < 0,05 dan thitung bernilai positif; (3) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan PMR lebih tinggi dari PBM, hal ini berdasarkan gain score; (4) peningkatan belief (keyakinan) siswa yang diajarkan dengan PMR lebih tinggi dari PBM, hal ini berdasarkan gain score.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorFauzi, M. Amin196406291993031001
Thesis advisorMatondang, Zulkifli196807131993031003
Call Number: 372.7 Ich p
Keywords: Pecahan; Pendekatan matematik realistik; Kemampuan pemecahan masalah; Belief siswa; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Sep 2016 07:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19685

Actions (login required)

View Item View Item