PENGEMBANGAN LKS MATERI PECAHAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS V SD DI KEC. TANJUNG PURA

Pratiwi, Dewi (2016) PENGEMBANGAN LKS MATERI PECAHAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS V SD DI KEC. TANJUNG PURA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. DEWI PRATIWI 8126182008 Cover tesis.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. DEWI PRATIWI 8126182008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DEWI PRATIWI 8126182008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DEWI PRATIWI 8126182008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DEWI PRATIWI 8126182008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DEWI PRATIWI 8126182008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DEWI PRATIWI 8126182008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DEWI PRATIWI 8126182008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DEWI PRATIWI 8126182008 BAB I.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DEWI PRATIWI 8126182008 BAB V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DEWI PRATIWI 8126182008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). Peningkatan hasil belajar matematika berbasis pendekatan kontekstual dengan LKS materi pecahan yang dikembangkan di kelas V SD. (2). Keefektifan LKS materi pecahan yang dikembangkan berbasis pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD. (3). Respon siswa terhadap LKS materi pecahan yang dikembangkan berbasis pendekatan kontekstual di kelas V SD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No 050733 Tanjung Pura yang berjumlah 10 siswa sebagai ujicoba I, siswa kelas V SD No 054933 Pekubuan untuk uji coba II yang berjumlah 26 siswa dan siswa kelas V SD No 050725 Tanjung Pura yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas penerapan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan modifikasi Dick and Carey. Model ini terdiri dari beberapa tahapan yakni: melakukan analisis kebutuhan siswa, perencanaan, mendesain pengembangan, menyusun tes acuan berdasarkan tujuan pembelajaran, pengembangan LKS, validasi ahli, revisi dan uji coba produk akhir. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD sebanyak 62 siswa. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket respon siswa dan respon guru. Data-data dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). LKS yang dikembangkan valid dalam kategori sangat layak dengan persentase 87%. (2). Respon siswa pada uji coba skala I dan uji coba II terhadap LKS yang dikembangkan dalam kategori sangat baik yakni 76% dan 90,4%. (3). Uji keefektifan produk diperoleh bahwa LKS efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 88%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasratuddin, 196312311991031030
Thesis advisorMatondang, Zulkifli196807131993031003
Call Number: 372.7 Pra p
Keywords: Pengembangan; LKS; Pecahan; Matematika; Pendekatan; Kontekstual; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Sep 2016 02:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19671

Actions (login required)

View Item View Item