PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PENDEKATAN KONVENSIONAL DI SD NEGERI 064978 MEDAN

Siregar, Nahrun Najib (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PENDEKATAN KONVENSIONAL DI SD NEGERI 064978 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146182030 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146182030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8146182030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146182030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8146182030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8146182030 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8146182030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8146182030 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8146182030 CAHPTER I.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8146182030 CAHPTER V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8146182030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Matematik Realistik dan Pendekatan Konvensional di SD Negeri 064978 Medan; (2) hasil belajar Matematika siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah di SD Negeri 064978 Medan; dan (3) pola jawaban Matematika siswa yang menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dan pendekatan konvensional. Penelitian berbentuk Quasi Experiment dengan desain faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat Perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Matematik Realistik dan Pendekatan Konvensional; (2) Hasil belajar Matematika siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah di SD Negeri 064978 Medan; dan (3) Pola jawaban Matematika siswa kelompok PMR dan kelompok Konvensional dinyatakan tidak jelek karena distractor telah memenuhi syarat sebagai item tes.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Thesis advisorSumarno, 196303201991021001
Call Number: 372.7 Sir p
Keywords: Pendekatan konvensional; Pendidikan matematik realistik; Hasil belajar; Keterampilan proses sains
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Sep 2016 04:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19656

Actions (login required)

View Item View Item