HUBUNGAN PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS X MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Adawiyah, Rabiatul (2016) HUBUNGAN PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS X MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2123311064_COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2123311064_PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2123311064_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2123311064_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2123311064_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2123311064_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2123311064_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2123311064_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 2123311064_BAB I.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2123311064_BAB V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 2123311064_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman isi, struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X MAN 2 Model Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MAN 2 Model Medan tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 15 kelas dengan jumlah 612 orang. Sampel yang diambil adalah 42 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode Ex post facto. Data pemahaman isi, struktur, ciri kebahasaan , dan kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 60 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan . Hasil uji normalitas untuk data pemahaman isi ( 0,1242 < 0,1367 ), struktur ( 0,1342 < 0,1367 ) ciri kebahasaan (0,0945 < 0,1367 ) dan kemampuan menulis teks prosedur kompleks ( 0,1131 < 0,1367 ). Hasil uji kelinieran kemampuan menulis teks prosedur kompleks (Y) atas pemahaman isi (X1) Fhitung < Ftabel ( < 2,49) dan uji keberartian regresi Fhitung > Ftabel > 4.08) maka ̂ = 96,73 + 0,18 X1 linear dan berarti, kemampuan menulis teks prosedur kompleks (Y) atas pemahaman struktur (X2) Fhitung < Ftabel (0,23 < 2,49) dan uji keberartian regresi Fhitung > Ftabel ( > 4.08) maka ̂ 72,15 + 0,12 X2 linear dan berarti, dan kemampuan menulis teks prosedur kompleks (Y) atas pemahaman ciri kebahasaan (X3) Fhitung < Ftabel (0,29 < 2,63) dan uji keberartian regresi Fhitung > Ftabel ( > 4.08) maka ̂ 78,02 + 0,04 X3 linear dan berarti. Sedangkan hasil korelasi antar variabel menunjukkan bahwa hubungan pemahaman isi terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks memiliki koefesien determinan korelasi ganda sebesar 9,67%, hubungan pemahaman struktur terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks memiliki koefesien determinan korelasi ganda sebesar 11,70%, hubungan pemahaman ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks memiliki koefesien determinan korelasi ganda sebesar 44,62% dan hubungan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks memiliki koefesien determinan korelasi ganda sebesar 63,.04%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X MAN 2 Model Medan tahun pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArif, Syamsul195911241986011002
Call Number: SK-2016 IND 073
Keywords: Teks Prosedur Kompleks; Pemahaman Isi; Struktur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Sep 2016 02:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19521

Actions (login required)

View Item View Item