PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANDAR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Muryanis, Muryanis (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANDAR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 NIM 2123111075 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 NIM 212311175 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM 2123111075 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM 2123111075 PREFACE.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM 2123111075 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM 2123111075 TABLE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 NIM 2123111075 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 NIM 2123111075 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 NIM 2123111075 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 2123111075 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan menulis teks pidato oleh siswa kelas X SMA Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X SMA Negeri 1 Bandar yang berjumlah 193 siswa. Dari 193 siswa, ditetapkan sampel sebanyak 30 siswa yang diambil secara acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks pidato sebelum menggunakan model pembelajaran SAVI masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 66,67, sedangkan kemampuan siswa menulis teks pidato sesudah menggunakan model pembelajaran SAVI masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 76,43. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (3,97) > ttabel (2,045) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima, yang artinya ada pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMP Negeri 1 Bandar tahun pembelajaran 2015/2016. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks pidato sesudah menggunakan model pembelajaran SAVI lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan model pembelajaran SAVI, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks pidato.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Call Number: SK-2016 IND 087
Keywords: Model Pembelajaran SAVI; Menulis;Pidato
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2016 08:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19507

Actions (login required)

View Item View Item