PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK NOVEL REMAJA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL WASHLIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Syahrina, Alfi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK NOVEL REMAJA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL WASHLIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 NIM 2123311002 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 NIM 2123311002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM 2123311002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM 2123311002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM 2123311002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM 2123311002 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 NIM 2123311002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 NIM 2123311002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 NIM 2123311002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 2123311002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh kemampuan memahami unsur intrinsik novel remaja siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) serta memperoleh pengaruh yang diberikan model pembelajaran tersebut terhadap hasil kemampuan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al Washliyah 1 Medan. Lalu dipilih sampel penelitian sebagai perwakilan yang diambil menggunakan teknik random sampling. Maka terpilihlah kelas VIII-1 yang berjumlah 34 orang sebagai sampel penelitian. Metode atau cara yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model One Group Pre-Test and Post-Test Design. Hasil yang diperoleh siswa adalah berupa pre-test dan post-test. Pre-test dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam memahami unsur intrinsik novel remaja sebelum menggunakan model pembelajaran NHT, yaitu memperoleh hasil nilai rata-rata 67,94 dan termasuk dalam kategori cukup. Lalu post-test dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah menggunakan model pembelajaran NHT, yaitu memperoleh hasil nilai rata-rata 77,50 dan termasuk dalam kategori sangat baik. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh yaitu 3,95 > 2,03 maka dapat membuktikan bahwa hipotesis alternatif ( diterima, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan memahami unsur intrinsik novel remaja pada siswa kelas VIII SMP Al Washiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPangaribuan, T.R195703611981031005
Call Number: SK-2016 IND 068
Keywords: Kooperatif; Intrinsik; Novel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose > PR821 Prose fiction. The novel
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2016 07:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19499

Actions (login required)

View Item View Item