PEMBINAAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PKn DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIMANINDO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Silalahi,, Asnidar (2016) PEMBINAAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PKn DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIMANINDO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3121111001 COVER.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3121111001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3121111001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3121111001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3121111001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3121111001 TABLES.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3121111001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3121111001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 3121111001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3121111001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pembelajaran PPKn dalam membina karakter siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Simanindo Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, yaitu pengukuran data melalui perhitungan ilmiah berasal dari sampel orang-orang yang diminta menjawab atas sejumlah pertanyaan untuk menentukan frekuensi dan persentase tanggapan mereka. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, penyebaran angket dan wawancara. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X (sepuluh) SMA Negeri 1 Simanindo yang berjumlah 216 orang dan sampel yang digunakan 15 % dari jumlah populasi siswa yaitu 32 orang siswa. Pengambilan sampel ditetapkan secara acak sederhana (random sampling) dan untuk mengetahui analisis data yang terkumpul penulis menggunakan tabel frekuensi dengan menggunakan rumus statistik sederhana (persentase). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berperan dalam pembinaan karakter siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil angket penelitian terhadap siswa dan wawancara dari guru Pendidikan Pancasil dan KewarganegaraanSMA N 1 Simanindo. Siswa tersebut sudah mengetahui dan menjadikannya sebagai pengendalian diri dari setiap tindakan dan perbuatannya. Terlihat pada sikap dan tingkah laku serta mematuhi segala peraturan dan tata tertib yang ada di sekolah serta bersikap dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Rosnah195605101980032004
Call Number: SK-2016 PKn 010
Keywords: Pembinaan Karakter;PKn;Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Sep 2016 04:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19411

Actions (login required)

View Item View Item