PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA MENGATASI KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN

Manurung, Nurul Auni (2016) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA MENGATASI KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3121111006. COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3121111006. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3121111006. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3121111006. PREFACE.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3121111006. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3121111006. TABLES.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3121111006. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3121111006. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 3121111006. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3121111006. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 35 Medan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan yang berjumlah 300 siswa dan 1 orang guru PKN kelas VIII dan yang menjadi sample dalam penelitian ini adalah 10% dari jumlah keseluruhan populasi yaitu 32 orang siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket yang berjumlah 15 pertanyaan dan diisi oleh responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini dengan rumus statistic sederhana (persentase). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendidikan karakter melalui Guru PPKn mampu mengurangi kenakalan pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari berkurangnya jumlah siswa yang melakukan kenakalan yaitu sekitar 80% siswa dari jumlah sampel yang di teliti tidak lagi melakukan kenakalan disekolah. Adapun keberhasilan ini tidak lepas dari campur tangan guru PPKn dalam mendidik siswa. Guru PPKn memiliki peran yang sangat besar dalam menerapkan pendidikan karakter pada siswa. Guru mengajak siswa untuk menerapakan nilai – nilai karakter seperti cinta tuhan dan segenap ciptaanNya, kemandirian dan tanggung jawab, kejujuran/amanah, hormat dan Santun, Dermawan, Suka menolong, dan kerja sama, percaya diri dan pekerja keras, kepemimpinan dan keadilan, baik dan rendah, toleransi, kedamaian, dan kesatuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiagian, Liber196409171990031003
Call Number: SK-2016 PKn 038
Keywords: Pendidikan Karakter;Kenakalan Siswa;Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Sep 2016 02:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19395

Actions (login required)

View Item View Item