PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ANTARA PENDEKATAN RME DAN SAVI DI SMP SWASTA PEMBDA 2 GUNUNGSITOLI

Bate’e, Integrasi Anugerah (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ANTARA PENDEKATAN RME DAN SAVI DI SMP SWASTA PEMBDA 2 GUNUNGSITOLI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146171041 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146171041 LEMBAR PENGESAHAN TESIS.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146171041 ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146171041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146171041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8146171041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146171041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146171041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146171041 BAB I.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 8146171041 BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8146171041 DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa yang diajar dengan pendekatan RME dan SAVI, (2) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar antara siswa yang diajar dengan pendekatan RME dan SAVI, (3) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa, (4) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Swasta Pembda 2 Gunungsitoli. Sampel penelitian diambil secara acak sebanyak 2 kelas berjumlah 78 orang siswa. Analisis data dilakukan dengan Uji t dan ANAVA Dua Jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan RME lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pendekatan SAVI. Hal ini terlihat dari hasil uji t dimana thitung = 3,261 > ttabel = 1,665, (2) peningkatan motivasi belajar siswa yang diajar dengan pendekatan RME lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pendekatan SAVI. Hal ini terlihat dari hasil uji t dimana thitung = 4,058 > ttabel = 1,665, (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji ANAVA Dua Jalur dimana Frc = 0,274 < Ftabel = 3,124, (4) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji ANAVA Dua Jalur dimana Frc = 1,322< Ftabel = 3,124.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, E. Elvis196312251988031004
Thesis advisorArmanto, Dian196311101988031001
Call Number: 510.071 Bat p
Keywords: Pendekatan RME; Pendekatan SAVI; Representasi matematis; Motivasi belajar; Interaksi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 08 Sep 2016 01:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19376

Actions (login required)

View Item View Item