PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI KELAS X SMK SWASTA TELADAN MEDAN T.A. 2013/2014.

Sinaga, Martinus (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI KELAS X SMK SWASTA TELADAN MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran gambar teknik melalui model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Mesin Produksi SMK Swasta Teladan Medan, yang terdiri dari 39 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus dilakukan dengan satu pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan nilai hasil belajar, nilai siswa meningkat di setiap tes. Nilai rata- rata pre test adalah 43,46, di siklus I nilai rata- rata hasil belajar 66,15, di siklus II nilai rata- rata hasil belajar 81,41. Berdasarkan lembar observasi ditemukan bahwa proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan niali belajar siswa dalam mata pelajaran Gambar Teknik di kelas X SMK Swasta Teladan Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Call Number: 621.807 19 Sin p
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; Pelaksanaan; Lingkungan Belajar; Manajemen Pembelajaran; Akivitas Siswa; Gambar Teknik
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19239

Actions (login required)

View Item View Item