Harahap, Fadli Syukri (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE CO-OP CO-OP DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR RENCANAANGGARAN BIAYA PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 BINJAI PROGRAM KEAHLIANTEKNIK KONTRUKSI BATU DAN BETON TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
01 Cover.pdf - Published Version Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
02 Lembar pengesahan.pdf - Published Version Download (694kB) | Preview |
|
|
Text
03 Abstrak dan Abstrack.pdf - Published Version Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
04 Kata Pengantar.pdf - Published Version Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
05 Daftar Isi.pdf - Published Version Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
06 Daftar Tabel.pdf - Published Version Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
07 Daftar Gambar.pdf - Published Version Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
08 Daftar Lampiran.pdf - Published Version Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
09 BAB I.pdf - Published Version Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
13 BAB V.pdf - Published Version Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (97kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Rencana Anggaran Biaya siswa kelas XI di SMK N 2 Binjai dengan menerapakan pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op. Sebelum penelitian ini dilaksanakan terlebih dahulu angket dan tes belajar Rencana Anggaran Biaya di uji cobakan dilanjutkan dengan uji validitas danreliabilitas. Untuk perhitungan uji validitas butir digunakan rumus biserial pearson dan uji reliabilitas digunakan rumus Cronbach’s Alpa. Suatu butir tes dikatakan valid apabila rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5%. Dengan hasil angket digunakan 42 soal dengan α = 0,939 maka reliabilitas soal adalah sagat tinggi.Untuk perhitungan uji validitas butir soal digunakan rumus Bevariate Pearsondan uji reabilitas digunakan K-R 20 Dengan hasil tes digunakan 22 soal dengan nilai r11 = 0,867 maka reliabilitas soal adalah sangat tinggi untuk siklus 1 dan 25 soal dengan r11 = 0,938 maka reliabilitas soal adalah sangat tinggi untuk siklus 2.Hasil penelitian dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Co-OpCo-Op pada siklus 1 aktivitas belajar siswa belum mengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan siklus 2 aktivitas belajar siswa meningkat. Dimana pada siklus 1 nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 55,47 pada siklus 2 aktivitas belajarsiswa mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 82,32.Rata-rata hasil belajar Rencana Anggaran Biaya siswa setelah penerapanpembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op mengalami peningkatan, dimana darisiklus 1 nilai rata-rata hasil belajar Rencana Anggaran Biaya siswa adalah 69,35 dengan keterangan siswa Tidak Kompeten 6 orang siswa, Kurang Kompeten tidak ada, Cukup Kompeten 20 orang siswa, Kompeten 4 orang siswa, dan Sangat Kompeten 1 orang siswa. Pada siklus 2 nilai rata-rata hasil belajar Rencana Anggaran Biaya siswa meningkat menjadi 85,94 dengan keterangan siswa yang Sangat Kompeten 11 orang siswa, Kompeten 10 orang siswa, Cukup Kompeten 11 orang siswa.Dari data-data hasil penelitian yang telah diuraikan dapat disimpulkanbahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkanpembelajaran kooperif tipe Co-Op Co-Op
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | 690.680 719 Har p | ||||||
Keywords: | Hasil belajar; Rencana anggaran bangunan; Pembelajaran kooperatif; Tenaga kerja; Bahan material. | ||||||
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin | ||||||
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate | ||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19130 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |