PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGHITUNG KONSTRUKSI SEDERHANA PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK N 1 BALIGE TAHUN AJARAN 20142015

Sibarani, Irvan (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGHITUNG KONSTRUKSI SEDERHANA PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK N 1 BALIGE TAHUN AJARAN 20142015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 BAB I.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menghitung konstruksi sederhana pada siswa kelas XI teknik konstruksi batu beton SMK N 1 Balige melalui model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 20 orang. Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada siklus I diperoleh 10 soal yang valid dari 20 soal, indeks kesukaran soal diperoleh dengan kategori soal sukar 3, kategori sedang 9 dan dalam katagori mudah 8 soal. Daya beda soal diperoleh 5 soal baik, 4 soal cukup dan 11 soal jelek. Uji reliabilitas 0,60 (tinggi) dan pada siklus II diperoleh 9 soal yang valid dari 20 soal, indeks kesukaran dengan katagori soal sukar 3, kategori sedang 10 dan dalam kategori mudah 7 soal. Daya beda soal diperoleh 3 soal baik, 9 soal cukup, 8 soal jelek. uji reliabilitas 0,60 (tinggi). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa observasi aktivitas siswa dalam penelitian ini, ditemukan siklus I nilai rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 62% meningkat sebesar 22% menjadi 84% pada siklus II. Untuk rata-rata nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 54 dan meningkat sebesar 32 menjadi 86 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar, 2) meningkatkan hasil belajar menghitung konstruksi sederhana siswa. Jadi, untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menghitung konstruksi sederhana siswa di SMK N 1 Balige, maka guru disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTampubolon, Jintar19631127 198703 1001
Call Number: 693.071 9 Sib p
Keywords: Hasil Belajar; Menghitung Konstruksi Sederhana; Model Pembelajaran; Student Facilitator And Explaining
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19121

Actions (login required)

View Item View Item