HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PENGUKURAN DASAR SURVEY PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Simanullang, Alwi (2014) HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PENGUKURAN DASAR SURVEY PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 071255310023 COVER.pdf] Text
1. NIM. 071255310023 COVER.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 2. NIM. 071255310023 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 071255310023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 3. NIM. 071255310023 ABSTRAK.pdf] Text
3. NIM. 071255310023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 4. NIM. 071255310023 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 071255310023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 071255310023 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 071255310023 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 071255310023 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 071255310023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 071255310023 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 071255310023 TABLES.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 071255310023 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 071255310023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 071255310023 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 071255310023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 10. NIM. 071255310023 CHAPTER II.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 071255310023 CHAPTER II.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 071255310023 CHAPTER III.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 071255310023 CHAPTER III.pdf - Published Version

Download (843kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 071255310023 CHAPTER IV.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 071255310023 CHAPTER IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 071255310023 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 071255310023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 071255310023 ENCLOSURE.pdf] Text
14. NIM. 071255310023 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan fasilitas belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata kuliah pengukuran dasar survey pada mahasiswa program studi pendidikan teknik bangunan fakultas teknik universitas negeri medandengan jumlah sampel 64 orang. Data penelitian variabel Fasilitas Belajar (X1) dan variabel Disiplin Belajar (X2) dijaring dengan angket, dan Hasil Belajar pengukuran dasar survey (Y) diambil dari data dokumentasi. Berdasarkan uji coba instrumen didapat hasil : (1) Fasilitas Belajar (X1) 18 soal valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,891 pada taraf signifikansi 5%. (2) Disiplin Belajar (X2) 16 soal valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,894 pada taraf signifikansi 5%. Uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov masing-masing variabel penelitian didapat hasil sebagai berikut : (1) variabel Fasilitas Belajar (X1) signifikan 0,071 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. (2) Disiplin Belajar (X2) signifikan 0,2 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. Hasil Belajar Pengukuran dasar survey (Y) signifikan sebesar 0,025 tidak terdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. Hasil uji masing-masing variabel penelitian didapat hasil : (1) persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu Y = 79,725 + 0,077 X1, uji kelinieran persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu Fhit = 0,362 > Ftab = 0.05 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (2) persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu Ŷ = 81,793+0,046X2, uji kelinieran persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu Fhit = 0,223 > Ftab = 0,05 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (3) persamaan regresi sederhana Y atas X1 dan X2 yaitu Y = 81,793 + 0,046 X2., uji kelinieran persamaan regresi sederhana Y atas X1 dan X2 yaitu a = 79,308, b1 = 0,072, dan b2 = 0,017 Hasil analisis korelasi antar variabel didapat hasil : (1) Fasilitas Belajar (X1) terhadap hasil belajar Pengukuran dasar survey (Y) yaitu rhit = 0,362 > rtab = 0,246 menunjukkan korelasi yang tidak berarti pada taraf signifikasi 5%. (2) Disiplin Belajar (X2) terhadap hasil belajar Pengukuran dasar survey (Y) menunjukkan tidak memiliki korelasi yang berarti pada taraf signifikasi 5% karena koefisien korelasinya bernilai positif dan lemah Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh tidak terdapat korelasi yang berarti antara Penggunaan fasilitas belajar (X1) dan disiplin belajar (X2) terhadap hasil belajar mata kuliah pengukuran dasar survey

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 681.207 11 Sim h
Keywords: Fasilitas belajar; Disiplin belajar mahasiswa; Hasil belajar; Pengukuran dasar survey.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 27 Sep 2016 09:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19113

Actions (login required)

View Item
View Item