HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN MESIN BUBUT PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Faisal, Ahmad (2014) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN MESIN BUBUT PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. AHMAD FAISAL (5103121005) COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. AHMAD FAISAL (5103121005) PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. AHMAD FAISAL (5103121005) ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. AHMAD FAISAL (5103121005) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.AHMAD FAISAL (5103121005) DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. AHMAD FAISAL (5103121005) BAB I.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. AHMAD FAISAL (5103121005) BAB V.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. AHMAD FAISAL (5103121005) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan yang signifikan antara Kemampuan membaca gambar teknik dan Minat belajar secara sendiri-sendiri, maupun secara bersama-sama dengan Hasil belajar melakukan pekerjaan dengan menggunakan mesin bubut pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, Metode penelitian ini bersifat deskriktif korelasional, yaitu untuk untuk menyelidiki kenyataan yang telah terjadi sebagaimana adanya berdasarkan fakta-fakta yang ada untuk menguji serangkaian hipotesis.Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, yang terdiri dari 2 kelas, dengan jumlah 62 orang. Sampel penelitian diambil semua atau disebut dengan penelitian populasi. Untuk mendapatkan data Kemampuan membaca gambar teknik dan Hasil belajar melakukan pekerjaan dengan menggunakan mesin bubut didapatkan melalui daftar kumpulan nilai dari guru, sedangkan data Minat belajar dikumpulkan dengan menggunakan angket. Uji coba angket minat belajar dilakukan dengan korelasi produk moment, dari 30 item, terdapat 28 item yang valid dan 2 item tidak valid, dengan realibilitas 0,915 tergolong sangat tinggi. Hasil analisis data yang diperoleh disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan membaca gambar teknik dengan hasil belajar melakukan pekerjaan dengan menggunakan mesin bubut, dengan korelasi product momen r = 0,405 dan analisis korelasi parsial r = 0,374 dengan thitung > ttabel, (3,12 > 1,671), dan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara minat belajar dengan hasil belajar melakukan pekerjaan dengan menggunakan mesin bubut diperoleh korelasi product moment r = 0,933 dan analisis korelasi parsial r = 0,920 dengan thitung > ttabel, (7,794 > 1,671), pada taraf signifikan 5%. Analisis regresi ganda menunjukkan adanya hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan membaca gambar teknik dan Minat belajar dengan hasil belajar melakukan pekerjaan dengan menggunakan mesin bubut sebesar R = 0,473 dimana Fhitung > Ftabel (8,54 > 3,16) dengan persamaan Ý = 12,93 + 0,477 + 0,328 . Berdasarkan temuan diatas dapat disimpulkan bahwa untuk menumbuhkan hasil belajar melakukan pekerjaan dengan menggunakan mesin bubut pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, perlu ditingkatkan Kemampuan membaca gambar teknik dan Minat untuk belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDHamid, Abdul195802221981031001
Call Number: 604.207 19 Fai h
Keywords: Hasil Belajar; Mesin Bubut; Kemampuan Membaca; Gambar Teknik; Minat Belajar
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19087

Actions (login required)

View Item View Item