PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK SWASTA BUDHI DARMA INDRAPURA.

Rahmad, Rahmad (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK SWASTA BUDHI DARMA INDRAPURA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. SURAT PERNYATAAN, PENGESAHAN, PERSEMBAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar menggambar teknik di kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Swasta Budhi Darma Indrapura.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas pada semester II Tahun Ajaran 2013/2014. Pengambambilan sampel dilakukan dengan cara clsuster random samplingdengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas X TPM 3 sebagai kelas eksperimen dan X TPM 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 30 soal yang sudah diuji cobakan dan dianalisis terlebih dahulu. Sebelum dilakukan perlakuan pada 2 (dua) kelas tersebut terlebih dahulu diberikan pretest untuk memperoleh data awal dalam penelitian ini, dan setelah diberikan perlakuan kemudian diberikan posttest untuk memperoleh data hasil belajar sebagai alat pengumpul data penelitian. Data diambil dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa dan selanjutnya dianalisis untuk menguji hipotesis dengan rumus statisti t.Hasil dari penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sebelum pembelajaran antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang hampir sama, ditunjukkan dengan peroleh rata - rata nilai pretest dari kelas eksperimen 50,87dan kelas kontrol sebesar 54,30. Sesudah perlakuan pembelajran kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif hasilnya lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Ditunjukkan dengan perolehan rata - rata nilai posttest dari kelas eksperimen 85,77dan kelas kontrol sebesar 77,67. Dari hasil analisis uji hipotesis dengan taraf α = 0,05 dan dk 58 data perbandingan nilai posttest dari kedua kelas didapat bahwa harga thitung > ttabel (3,45> 1,67) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh bahwaterdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif terhadap hasil belajar Menggambar Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Swasta Budhi Darma Indrapura.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDDaryanto, Eka5102121013
Call Number: 604.207 19 Rah p
Keywords: Hasil Belajar; Media Pembelajaran; Pembelajaran Konvensional; Multimedia Interaktif
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5900 Correspondence schools
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19072

Actions (login required)

View Item View Item