PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN TUTORIAL YANG MENGGUNAKAN SOFTWARE WINDOWS LIVE MOVIE MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKJ SMK MUSDA PERBAUNGAN

Sinambela, Markus R. (2014) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN TUTORIAL YANG MENGGUNAKAN SOFTWARE WINDOWS LIVE MOVIE MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKJ SMK MUSDA PERBAUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of Daftar isi.pdf]
Preview
Text
Daftar isi.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan media dengan tutorial ( Menggunakan software windows movie maker terhadap hasil belajar MISOD siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ yakni sebanyak 2 kelas. Sampel penelitian sebanyak 2 (dua) kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 1 sebagai kelas Kontrol. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan media dengan tutorial yang menggunakan Windows live movie maker, dan kelas kontrol diajarkan dengan Pembelajaran konvensional (media gambar). Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji satu pihak (pihak kanan) dan diperoleh thitung = 2,402 sedangkan ttabel = 1.771 untuk α = 0.05. Dengan demikian thitung > ttabel, dari hasil uji t diperoleh kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 21,90 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas Kontrol sebesar 20,17. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media dengan menggunakan software windows live movie maker terhadap hasil belajar MISOD siswa .Rata-rata hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan media berbasis komputer (windows movie maker) pada Mata pelajaran MISOD lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan tanpa media berbasis komputer (Windows Movie Maker) atau media konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 621.391 Sin p
Keywords: Hasil Belajar; Instalasi Sistem Operasi Dasar (MISOD); Strategi Pembelajaran; Windows Live Movie Maker; Media Gambar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 18 Jul 2019 01:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19050

Actions (login required)

View Item
View Item