PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MENGOPERASIKAN SOFTWARE SPREADSHEET PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA HARAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2012/2013

Aris, Sofyan (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MENGOPERASIKAN SOFTWARE SPREADSHEET PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA HARAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya hasil belajar siswa pada kompetensi dasar Mengoperasikan Software Spreadsheet di kelas X SMK Swasta Harapan Stabat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar Mengoperasikan Software Spreadsheet dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning kelas X SMK Swasta Harapan Stabat.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian sebanyak 36 orang siswa terdiri dari 16 laki-laki dan 20 perempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda dengan 15 s/d 20 butir soal. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I dan siklus II. sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Pada tes awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa ketuntasan yang diperoleh hanya sebanyak 6 siswa mendapat nilai tuntas dengan persentase 16,66% dan sebanyak 30 siswa mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 83,33%. Pada tindakan siklus I dengan penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning ketuntasan hasil belajar siswa yang dicapai masih dalam kriteria rendah yaitu sebanyak 25 siswa mendapat nilai tuntas dengan persentase 69,44% dan sebanyak 11 siswa mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 30,55%. Pada tindakan siklus II dengan penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning ketuntasan hasil belajar siswa yang dicapai mengalami peningkatan yaitu sebanyak 32 siswa mendapat nilai tuntas dengan persentase 88,88% dan sebanyak 4 siswa mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 11,11%. Selanjutnya dari hasil observasi pada siklus I kegiatan guru dalam mengajar diperoleh nilai rata-rata 75 dan kegiatan siswa selama mengikuti pelajaran memperoleh nilai 68,75. Sedangkan pada siklus II ternyata terjadi peningkatan dimana kegiatan guru dalam mengajar memperoleh nilai 92,18 dan kegiatan siswa selama mengikuti pelajaran memperoleh nilai 91,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar Mengoperasikan Software Spreadsheet kelas X SMK Swasta Harapan Stabat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSinaga, Nelson196005281986011002
Call Number: 621.391 Ari u
Keywords: Belajar; Software Spreadsheet; Strategi Pembelajaran; Problem-Based Learning; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19044

Actions (login required)

View Item View Item