PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKANHASIL MENGGAMBAR ORNAMEN TRADISIONAL BATAK TOBA PADA MATA PELAJARAN SENIBUDAYA DI SMK NEGERI 1 LAGUBOTI T.A 2012/2003

Lumban Tobing, Tio Vanny (2013) PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKANHASIL MENGGAMBAR ORNAMEN TRADISIONAL BATAK TOBA PADA MATA PELAJARAN SENIBUDAYA DI SMK NEGERI 1 LAGUBOTI T.A 2012/2003. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil menggambar ornamen tradisional Batak Toba pada mata pelajaran seni budaya di SMK Negeri 1 Laguboti Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Tata Busana dan Kriya Kayu di SMK Negeri 1 Laguboti Tahun Pembelajaran 2012/2013. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik sampel populasi yaitu dengan mengambil seluruh kelas sebagai sampel penelitian, maka sampel penelitian ini adalah kelas XI program studi (Prodi) Tata Busana I yang berjumlah 17 orang dan Kelas XI Prodi Kriya kayu yang berjumlah 17 orang sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 34 orang yang sama-sama memperoleh pelajaran menggambar ornamen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu metode yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan menggambar ornament tradisional batak toba yaitu gorga simeol-meol. Sebelum Media diterapkan dalam kegiatan pembelajaran, media gambar terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media menggunakan jenis validasi isi. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (�) sebesar 0,05. Pada kelas dengan penerapan Media Gambar diperoleh Lhitung(0,01) < Ltabel(0,206) dengan data berdistribusi normal, pada pembelajaran siswa dengan penerapan media papan tulis diperoleh Lhitung(0,02) < Ltabel(0,206) dengan data berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas dilakukan dengan kesamaan dua varians maka diperoleh Fhitung (2,32) < Ftabel(2,33 ) sehingga, disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen. Dalam penelitian khususnya KBM hendaknya guru menerapkan Media Gambar untuk dapat meningkatkan hasil menggambar ornamen Tradisional Batak Toba, mata pelajaran Seni Budaya, karena hal ini membantu guru dalam membuat suasana belajar yang lebih kondusif dan siswa lebih dapat efisien dalam belajar. Untuk penelitian lanjutan dengan variabel yang relevan hendaknya dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada penelitian ini dengan membuat perencanaan penelitian yang lebih baik lagi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDAritonang, Rohana195709181985032002
Call Number: 746.920 719 Lum p
Keywords: Media; Menggambar Ornamen; Media Gambar; Ornamen Primitif; Media Pembelajaran; Stilasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19006

Actions (login required)

View Item View Item