PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN MELIPAT KERTAS DI SDLB �

Lestari, Lina Siti (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN MELIPAT KERTAS DI SDLB �. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 508142026 JUDUL .pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 508142026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 508142026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 508142026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 508142026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 508142026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 508142026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 508142026 BAB I.pdf - Published Version

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 508142026 BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 508142026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe learning together pada mata pelajaran keterampilan melipat kertas di kelas VI SDLB – C pada pokok bahasan membuat benda permainan dengan teknik melipat kertas bentuk ikan.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SDLB – C YPAC Medan pada tahun ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Medan yang beralamatkan di Jl. Adinegoro No. 2 Medan. Subjek dalam penelitian adalah kelas VI SDLB-C yang berjumlah 15 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Pada tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi/pengamatan. Observasi aktifitas belajar dilakukan secara langsung pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe learning together.Dari hasil analisis diperoleh data pretest sebagai hasil belajar pengetahuan awal diperoleh 27% dengan siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa. Data post test Siklus I diperoleh 40% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa, post test Siklus II diperoleh 53,3% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa, dan pada post test siklus III siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau 86,7%, sehingga siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu : ≥ 70% dengan kriteria penilaian yang sangat baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe learning together dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan keterampilan melipat kertas di kelas VI SDLB-C YPAC Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHutapea, Flora195412291980032002
Call Number: 745.540 719 Les p
Keywords: Belajar; Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Learning Together; Keterampilan; Melipat Kertas
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19002

Actions (login required)

View Item View Item