PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN HASIL PENGUKURAN LISTRIK PADA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK SWASTA 2 PARULIAN 4 PORSEA

Siahaan, James Timotyus (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN HASIL PENGUKURAN LISTRIK PADA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK SWASTA 2 PARULIAN 4 PORSEA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran cd interaktif untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan hasil pengukuran listrik pada siswa kelas X kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Swasta 2 Parulian 4 Porsea. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Swasta 2 Parulian 4 Porsea yang terdiri dari 30 orang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan tahapan yang terdiri dari (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi ujicoba produk, (8)uji coba pemakaian, (9) revisi ujicoba pemakaian, (10) produksi masal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli materi terhadap kelayakan CD Interaktif dari aspek penyajian informasi dengan rerata 4,375 (sangat baik), aspek kegunaan media dengan rerata 4,5 (sangat baik), aspek kemudahan penggunaan dengan rerata (sangat baik) dan aspek kemanfaatan media dengan rerata 4,5 (sangat baik). Hasil tanggapan atau respon siswa terhadap CD Interaktif adalah positif dengan adanya peningkatan hasil belajar yang didapat pada hasil tes. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran CD Interaktif untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan hasil pengukuran listrik pada siswa kelas X kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Swasta 2 Parulian 4 Porsea yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDRosnelli, Rosnelli196210201989032002
Call Number: 621.373 071 9 Sia p
Keywords: Pembelajaran;media;Hasil Belajar;Hasil Pengukuran Listrik;Pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18963

Actions (login required)

View Item View Item