HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG PENAMPILAN GURU MENGAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK BANGUNAN (PDTB) DARI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI TAHUN AJARAN 2012/201

Pangaribuan, Gihon Exaudi (2013) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG PENAMPILAN GURU MENGAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK BANGUNAN (PDTB) DARI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI TAHUN AJARAN 2012/201. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (652kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi tentang penampilan guru mengajar dan disiplin belajar dengan prestasi belajar Pengetahuan Dasar Teknik Bangunan (PDTB) yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Kabupaten Karo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 30 orang. Hasil analisis normalitas data chi kuadrat masing-masing variabel di dapat hasil sebagai berikut : (1) variabel persepsi tentang penampilan guru mengajar (X1) &#967;² hit= 9,446 <&#967;² table = 11,070, (2) variabel disiplin belajar (X2) &#967;² hit= 4,335 <&#967;² table = 11,070, (3) variabel prestasi belajar PDTB &#967;² hit= 8,710 <&#967;² table = 11,070, dengan masing-masing berdistribusi normal pada taraf signifikani 5%. Hasil uji masing-masing variabel penelitian di dapat hasil (1) persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu &#374; = 20,976 – 0,043 X1, uji coba kelinieran persamaan regresi Y atas X1 yaitu Fhit= 4,312 > Ftab= 4,20 mempunyai kontribusi yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (2) persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu &#374; = 2,231– 0,052 X2, uji coba kelinieran persamaan regresi Y atas X2 yaitu Fhit =4,658 > Ftab = 4,20 mempunyai kontribusi yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis korelasi antar variabel di dapat : (1) variabel persepsi tentang penampilan guru mengajar (X1) dengan prestasi belajar PDTB (Y) yaitu thit= 1,989 > ttab= 1,70 menunjukkan korelasi positif dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (2) disiplin belajar (X2) dengan prestasi belajar PDTB (Y) yaitu thit= 2,173 > ttab = 1,70 menunjukkan korelasi positif dan berarti pada taraf signifikansi 5%. Korelasi ganda antara X1 dan X2 terhadap Y menunjukkan korelasi yang positif dan berarti dengan R = 0,436 dan R2 = 0,190 yang berarti 19% dapat dijelaskan secara bersama-sama oleh variabel bebas (X1) dan (X2) dan sisanya dapat dijelaskan oleh variabel yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 690.107 1 Pan h
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Guru; Mengajar; Disiplin; Prestasi Belajar; Teknik Bangunan; Gambar Teknik; Penampilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 22 May 2019 03:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18929

Actions (login required)

View Item
View Item