PERBEDAAN HASILBELAJAR AUTOCAD YANG MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIALDENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS XI PROGRAMKEAHLIAN TEKNIK BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN201212013

Simatupang, Oberti Muara (2013) PERBEDAAN HASILBELAJAR AUTOCAD YANG MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIALDENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS XI PROGRAMKEAHLIAN TEKNIK BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN201212013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar AutoCad siswakelas XI Program Keahlian Teknik Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai TahunAjaran 2012/2013 yang diajar menggunakan media pembelajaran Video Tutorialdan pembelajaran konvensional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XIJurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2012/2013 yangterdiri dari 2 kelas. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelasXI TKBB I (30 orang) sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XI TKBB II(30 orang) sebagai kelompok kontrol.Dari uji coba instrument diketahui bahwa 30 butir item tes yang disusuntemyata ada 3 butir tes yang tidak valid dan 3 butir tes kategori buruk yang manadari ketiga tes tersebut merupakan tes yang tidak valid. Dan 27 butir tes yang sisatersebut temyata reliabel dengan r11 = 0,9066 yang berarti tingkat keberartian teshasil belajar sangat tinggi.Dari basil uji-t hasil belajar pengetahuan dasar teknik bangunan siswakelas XI yang menggunakan media pembelajaran Video Tutorial danpembelajaran.konvensional pada taraf signifikan 5% = 1,771 diperoleh ibitung >ttabet yakni 2,402 > 1,771, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis altematif(Ha) diterimaKesimpulan dari penelitian lni adalah penggunaan media pembelajaranVideo Tutorial dan konvensional mempunyai pengaruh yang berbeda yaitu hasilbelajar siswa yang diajar dengan pembelajaran menggunakan media VideoTutorial lebih tinggi dari hasil belajar yang diajar dengan pembelajaranKonvensional pada mata diklat AutoCad pada siswa kelas XI Program KeahlianTeknik Batu dan Bato SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMulyana, RachmatUNSPECIFIED
Call Number: 624.180 719 Sim p
Keywords: Media Pembelajaran; Video Pembelajaran; Video Tutorial; Produksi Media; AutoCAD; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18926

Actions (login required)

View Item View Item