PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MEMPERBAIKI MOTOR LISTRIK SISWA KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2012 2013

Siregar, Endar Taufiq (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MEMPERBAIKI MOTOR LISTRIK SISWA KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2012 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Boo.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR Selesai.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS1 Selesai.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Memperbaiki Motor Listrik yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 dua Padangsidimpuan tahun ajaran 2012/2013Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI bidang keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Padangsidimpuan tahun ajaran 2012 2013 Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X L1 Sepuluh Listrik Satu jurusan yang berjumlah 35 orang Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik random, dimana yang terpilih sebagai kelas eksperimen kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning) adalah kelas XI TITL 1 yang berjumlah 35 siswa, sedangkan yang terpilih sebagai kelas kontrol kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori adalah kelas X TITL 2 yang berjumlah 33 siswaJenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes hasil belajar pada pokok bahsan Memperbaiki Motor Listrik dan lembar observasi Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi data uji persyaratan analisis dan uji hipotesis Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Hasil belajar siswa pada pokok bahasan Memperbaiki Motor Listrik yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning memiliki skor rata rata 24 3 sedangkan dengan menggunakan Strategi Ekspositori memiliki skor rata rata 20 9 Secara statistik dengan menggunakan uji t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Ekspositori pada pokok bahasan Memperbaiki Motor Listrik di kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Padangsidimpuan tahun ajaran 2012 2013 hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung ttabel yaitu 4 332 1 693

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIED-, -UNSPECIFIED
Call Number: 621 307 19 /Sir/p
Keywords: Hasil belajar ; Strategi pembelajaran ; Motor listrik ; Problem based learning ; Pembelajaran Ekspositori
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18911

Actions (login required)

View Item View Item